Seram juga tajuk entry kali ini dan para wanita tak kira tua muda di luar sana pasti takut dengan masalah keguguran rambut ini. Rambut gugur dan perempuan memang tak boleh dipisahkan namun ada yang mengalami masalah keguguran rambut yang serius. Siapa yang nak rambut berharga seorang wanita berkurangan kerana gugur dan menjadi botak! Ngeri!


PUNCA SEBENAR RAMBUT MUDAH GUGUR
(SUMBER: http://hariangadis.com/mengatasi-rambut-rontok/)

1) GANGGUAN HORMON
Rambut rontok bisa terjadi karena gangguan hormon Alopesia Androgenetik. Hormon ini merupakan penyebab kebotakan yang paling banyak terjadi, dengan persentase sebesar 70% pada pria dan 40% pada wanita. Kebotakan karena hormon ini merupakan salah satu penyakit keturunan yang disebabkan oleh peningkatan sensitivitas genetik dari folikel rambut terhadap dihydrotestosterone (DHT). Sedangkan Hormon Alopesia Areata adalah gangguan hormon yang mengakibtkan rambut menjadi pitak. Hormon ini diakibatan oleh penyakit yang disebut autonium. Pada kondisi ini, umumnya terjadi pada kalangan remaja dan dewasa muda

2) PENGARUH GIZI DAN VITAMIN
Penyebab rambut rontok parah selanjutnya bisa terjadi karena pengaruh gizi dan vitamin. Kulit kepala merupakan tempat dimana rambut tumbuh dan akar rambut menempel. Sehingga kesehatannya perlu dijaga dengan nutrisi yang cukup. Asupan gizi dan vitamin yang kurang menyebabkan rambut menjadi mudah rontok. Kerontokan yang terjadi karena helaian rambut yang tumbuh menipis dan menjadi mudah rapuh. Oleh karena itu, keseimbangan makanan dengan memperhatikan gizi serta vitamin sangat penting dan dapat mengatasi rambut rontok.

3) PENGGUNAAN BAHAN KIMIA
Perawatan rambut yang terlalu berlebih dengan menggunakan bahan kimia menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Pewarnaan rambut yang terlalu sering dan menggunakan dosis yang berlebihan dapat memicu kerusakan rambut. Oleh sebab itu, telitilah sebelum melakukan pewarnaan pada rambut. Selain itu zat kimia yang digunakan pada proses pelurusan rambut atau rebounding. Proses pendiaman rambut selama 30 menit pada pelurusan rambut ini memperparah kerontokan yang akan dialami oleh rambut.

4) ALAT PENATA RAMBUT
Untuk menunjang penampilan agar selalu terlihat cantik, kaum wanita biasanya rela meluangkan waktu berjam-jam di salon. Padahal perawatan dengan menggunakan alat pencatokan dan pengeritingan rambut berdampak buruk bagi rambut. Alat catok digunakan dekat dengan kulit kepala sehingga membuat akar rambut menjadi kering dan rambut menjadi lebih cepat patah. Sedangkan pada alat keriting, rambut dililitkan pada alat dan membuat akar rambut tertarik sehingga rambut menjadi pecah-pecah dan bercabang. Alat lain yang sering digunakan ialah hair dryer atau pengering rambut. Penggunaan alat ini yang terlalu sering mengakibatkan rambut menjadi cepat kering dan membuat akar rambut patah sehingga kerontokan menjadi lebih cepat terjadi.

5) KESAN SAMPINGAN UBAT
Ada beberapa obat yang memiliki efek samping membuat rambut rontok. Diantarnya ialah obat yang digunakan untuk menangani depresi, obat pengencer darah, obat kemoterapi, dan kontrasepsi. Kerontokan akan berkurang apabila penggunaan obat dihentikan.

6) MENGIKAT RAMBUT TERLALU KETAT
Bagi wanita biasanya mengikat rambut dilakukan untuk memperindah penampilan. Akan tetapi, perlu diperhatikan lemah atau kuatnya ikatan yang dibuat. Rambut yang diikat dengan kuat menyebabkan akar rambut tertarik. Inilah yang membuat terjadinya kerontokan. Apabila ingin mengikat rambut dengan kuat usahakan tidak lebih dari dua jam. Karena ikatan yang kuat tidak hanya membuat rambut rontok tetapi juga sakit kepala.

7) PENYAKIT
Ada beberapa penyakit yang dapat membuat rambut menjadi rontok cukup parah. Penyakit kronis tersebut diantaranya ialah lupus dan diabetes. Selain itu pengaruh dari kemoterapi yang berdampak secara menyeluruh pada kulit kepala, wajah, dan tubuh. Kemoterapi ini tidak bersifat permanen dan rambut dapat tumbuh normal kembali setelah beberapa bulan berhenti menjalani kemoterapi.

8) KEHAMILAN
Banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut pada saat hamil atau setelah melahirkan. Penyebab kerontokan rambut pada wanita ini terjadi secara alami dan akan pulih kembali umumnya setelah 3 bulan pasca melahirkan. Adapula wanita yang masih mengalami kerontokan setelah masa tersebut namun jumlah sudah berkurang

9) GANGGUAN EMOSI
Kerontokan dapat terjadi ketika seseorang tertekan atau mengalami stres yang berlebihan. Saat seseorang stres maka yang akan terjadi adalah otot syaraf yang ada di kepala menegang. Menegangnya otot syaraf pada kepala ini dapat menyebabkan akar syaraf rambut melemah. Pada saat akar syaraf rambut lemah maka dapat terjadi kerontokan


Tak akan kita nak biarkan masalah keguguran rambut ni sampai kepala botak baru nak meraung? Kena lah mencegahnya awal-awal. Sesetengah supplements juga boleh diamalkan untuk atasi masalah ini. Mari Ainaa kongsikan supplement apa.

SUPPLEMENT SHAKLEE MEMBANTU MASALAH RAMBUT GUGUR




Mana nak dapatkan supplement shaklee ini? Boleh WHATSAPP CIKNA 018-9719799

2 Comments

  1. Dulu rambut sy tebal, sekarang da makin nipis huhu

    Nice sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. cik itah boleh cuba supplemets shaklee ni :)

      Delete