AFB FEEDS

Kesalahan Dalam Berjilbab

 “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isteri engkau, anak-anak perempuan engkau dan isteri-isteri orang mu’min, supaya mereka menutup kepala dan badan mereka dengan jilbabnya supaya mereka dapat dikenal orang, maka tentulah mereka tidak diganggu (disakiti) oleh laki-laki yang jahat. Allah Maha Pengampun lagi Maha Pengasih”
 (QS Al Ahzab ayat 59).


1. Kesalahan gambar pertama:
      •   Kerudung tidak menutupi dada.
      •   Rok yang digunakan kurang panjang.
    Rasulullah SAW telah bersabda yang artinya :“Hendaklah mereka memanjangkan barang sejengkal dan janganlah menambahkan lagi keatasnya”. 
    Hadits di atas cukup menjelaskan bahwa para wanita diharuskan memanjangkan apa yang seharusnya menutupi auratnya dan tidak diperbolehkan untuk memendekkannya.  

2. Kesalahan gambar kedua :

      •   Kerudung tidak menutupi dada. 
    "..dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya.."(QS An-Nur : 31).
    Jelas sudah bahwa kerudung yang kita pakai HARUS menutupi dada kita sehingga jelas salah jika kita beranggapan "asalkan rambutnya nggak keliatan, berarti telah menggunakan jilbab".
     

3. Kesalahan gambar ketiga :

      • Kerudung tidak menutupi dada.
      • Lengan kurang panjang.
      • Rok kurang panjang.  
    "Dan katakanlah kepada para perempuan beriman, agar mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasan (auratnya) kecuali yang bisa terlihat.."(QS An-Nur : 31).
    Maka dari itu hendaklah kita menutupi apa yang disebut sebagai aurat agar orang lain tidak akan bisa melihatnya.

4. Kesalahan gambar keempat :

      •   Pakaian ketat sehingga menampakkan lekuk tubuh.
    Rasulullah bersabda, "hendaklah kamu meminjamkan dia baju yang panjang dan longgar itu".
      • Make up yang terlalu tebal.
    ”Wahai anak cucu Adam. Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap memasuki masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan".(QS Al'Araf : 31)

5. Kesalahan gambar kelima :

      • Kerudung tidak menutupi dada.
      • Pakaian ketat memperlihatkan lekuk tubuh.
      • Blus yang dipakai pendek.
    "Sesungguhnya sebilangan ahli neraka ialah perempuan-perempuan yang berpakaian tapi yang telanjang yang condong kepada maksiat dan menarik orang lain untuk melakukan maksiat. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya"(Riwayat Bukhari dan Muslim)
     

6. Kesalahan gambar keenam : 

      •   Lengan blus pendek.
      •   Rok yang dipakai berbelah di depan.
    "Barang siapa yang memakai pakaian yang mencolok mata, maka Allah S.W.T akan memberikan pakaian kehinaan di hari akhirat nanti"(Riwayat Ahmad, Abu Daud, An Nasa’i dan Ibnu Majah)
     
     
     
Kesalahan yang umum lainnya adalah :
  1. Tidak memakai kaus kaki.
  2. Memakai kerudung, baju maupun celana yang tembus pandang.
  3. Memasukkan kerudung kedalam baju.
  4. Ketika memakai kerudung model segiempat, hanya memasangkan peniti pada bagian bawah leher dan setelah itu kedua ujung kerudung digantungkan pada kedua bahu. Hal ini salah karena dapat mengakibatkan tampaknya leher dan kerudung tidak menutupi dada.
  5. Memakai kerudung yang terikat pada bagian leher sehingga menampakkan bentuk leher.
Lalu, bagaimana cara berjilbab yang baik? Saya rasa seperti ini :


"Bahwa anak perempuan apabila telah cukup umurnya, maka mereka tidak boleh dilihat akan dia melainkan mukanya dan kedua telapak tangannya hingga pergelangan"
(H.R. Abu Daud)

 

 "Lalu, mengapa masih banyak wanita yang berkerudung namun salah dalam pemakaiannya? Apakah mereka belum tahu? Ataukah mereka malu karena dianggap tidak mengikuti mode masa kini? Atau merasa terlihat "gendut" dengan pakaian seperti ini? Sungguh, inilah pakaian seorang muslimah yang justru akan membuat para bidadari iri."

You Might Also Like

2 Surat Cinta

  1. Biarlah orang kata kita nampak kolot, tapi biarlah dapat penuhi syariat. yang penting cantik dalam pandangan Allah, bukan pandangan manusia.

    ReplyDelete